FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

KOMPETISI PFpreneur 2020 “Women Leaders & Entrepreneurs”




Q: PFpreneur itu program apa?
A: PFpreneur adalah salah satu dari 5 program iconic Pertamina Foundation yang bertujuan mengembangkan kewirausahaan perempuan berbasis pengelolaan usaha modern untuk persiapan daya saing pasar, penguatan jaringan dan sinergitas kemitraan, serta membantu akses pinjaman modal usaha pada pihak ke tiga.
Sedangkan 4 program Pertamina Foundation lainnya adalah PFprestasi untuk beasiswa Pertamina Sobat Bumi, PFsains merupakan kompetisi inovasi energy, Program PFmuda merupakan ajang mencari pemuda kreatif (young leaders) yang peduli dan dengan berbagai cara berinovasi untuk membantu menyelesaikan isu-isu sosial dan lingkunganya. , dan PFbangkit yaitu program pemulihan masyarakat terdampak bencana terutama untuk pemberdayaan ekonomi keluarga dan keberlanjutan pendidikan anak.

Q: Program PFpreneur tahun 2020 seperti apa?
A: Program PFpreneur Pertamina Foundation tahun ini mengajak women leaders wirausaha untuk mensupport/ mendukung wirausaha perempuan lainnya dengan cara mengajak anggota kelompoknya dan secara bersama-sama mendaftar Program PFpreneur untuk mengikuti pelatihan wirausaha.

Q: Siapa penyelenggara PFpreneur
A: Diselenggarakan oleh Pertamina Foundation (Yayasan Pertamina) dengan pelatihan, dan mentoring tidak berbayar/ gratis.

Q: Apa Tema PFpreneur 2020?
A: Tema “Women Leaders & Entrepreneurs”. Perempuan Indonesia yang memiliki potensi hebat dalam memajukan perekonomian masyarakat di sekitarnya, salah satunya melalui kegiatan berwirausaha.

Q: Kapan pendaftaran dimulai? Kapan ditutup?
A: Pendaftaran dibuka tanggal 1 Oktober 2020 dan ditutup pada tanggal 25 Oktober 2020

Q: Apakah persyaratan mengikuti program pelatihan pada PFpreneur?
A: Persyaratan sebagai berikut:
  1. Anda adalah wirausaha perempuan yang terpanggil menjadi women leader sukses dengan mengajak dan mendukung perempuan wirausaha lainnya sebagai anggota kelompok untuk mengikuti program pelatihan yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation.
  2. Minimal berusia 18 tahun
  3. Ketua dan anggota kelompok mempunyai usaha minimal 6 bulan.
  4. Jumlah Anggota dalam 1 kelompok perempuan minimal 5 orang dan maksimal 20 orang
  5. Jenis usaha dalam bidang pakaian, kuliner, dan kerajinan (dapat beragam dalam 1 kelompok).
  6. Melakukan pendaftaran dan mengisi data pada laman preneur.pertaminafoundation.org
  7. Bersedia mengikuti proses verifikasi data dan wawancara.


Q: Apakah mahasiswa boleh mendaftar PFpreneur?
A: Mahasiswa yang telah berusia 18 tahun dan memiliki usaha selama minimal 6 bulan dan mempunyai jenis usaha di bidang pakaian, kuliner, dan kerajinan dapat mengikuti program pelatihan PFpreneur.

Q: Adakah hadiah atau penghargaan yang disediakan?
A: Disediakan bantuan permodalan bagi 10 (sepuluh) kelompok dengan perkembangan kelompok terbaik setelah pelatihan dengan total nilai nominal Rp100.000.000,-.

Q: Apa Tujuan diselenggarakan kompetisi PFpreneur?
A: Tujuan PFpreneur; 1) Meningkatkan kapasitas wirausaha perempuan melalui pelatihan ketrampilan dan sharing pengetahuan pengusaha UMKM, 2)Meningkatkan daya saing usaha dengan pengenalan pada teknologi modern, dan 3) Mempersiapkan untuk bermitra dengan pihak ketiga dalam pengembangan modal usaha.

Q: Bagaimana kegiatan PFpreneur dilakukan dalam kejadian bencana wabah covid-19 ini?
A: Rangkaian kegiatan PFpreneur 2020 tetap mengedepankan protokol adaptasi baru akibat pandemik covid 19. Seluruh rangkaian kegiatan PFpreneur didukung platform sistem aplikasi berbasis web mulai pendaftaran, melengkapi data peserta, wawancara, pelatihan, pendampingan sampai dengan festival karya/ pameran dan kegiatan pendukung lainnya akan dilakukan secara virtual dan online.

Q: Bagaimana pendaftaran dilakukan?
A: Pendaftaran dilakukan oleh women leader / ketua kelompok pada laman preneur.pertaminafoundation.org Klik tombol Daftar PFpreneur. Isi data data yang dibutuhkan dalam form tersebut. Untuk melengkapi proses pendaftaran, akan diberikan kode/ password terverifikasi pada alamat email yang telah dicantumkan pada pengisian pertama.

Q: Apa yang dilakukan setelah mendapatkan password terverifikasi pada email?
A: Password terverifikasi digunakan untuk LOGIN pada laman preneur.pertaminafoundation.org sebagai peserta. Untuk melengkapi data-data ketua kelompok dan anggota kelompok yang akan mengikuti pelatihan. Setelah lengkap mengisi form yang dibutuhkan tekan tombol SAVE untuk menyimpan data-data tersebut. Setelah yakin tidak ada yang perlu diperbaiki atau ditambahkan tekan tombol SUBMIT. Dengan menekan tombol SUBMIT maka data kelompok akan masuk pada sistem.

Q: Apakah dapat memperbaiki data kelompok atau menambah kelompok setelah proses SUBMIT dilakukan?
A: Data-data yang sudah terisi pada form dan klik tombol SUBMIT tidak dapat diperbaiki. Apabila belum yakin dengan isian form, lebih baik tekan tombol SAVE terlebih dahulu, untuk perperbaikan atau penambahan data dalam form.

Q: Bagaimana memastikan data-data sudah terdaftar?
A: Data-data yang sudah terisi pada form dan dipastikan kelengkapannya harus diakhiri dengan menekan tombol SUBMIT. Data yang sudah di submit baru akan tercatat dalam sistem aplikasi.

Q: Bagaimana setelah proses setelah pendaftaran?
A: Data pendaftar akan tercatat dalam sistem aplikasi dan akan dilakukan validasi. Calon peserta pelatihan yang memenuhi persyaratan akan menerima pemberitahuan melalui email maupun media sosial (instagram & facebook) resmi Pertamina Foundation untuk dilakukan verifikasi dan wawancara secara daring. Calon peserta yang dinyatakan lolos proses verifikasi dan wawancara akan mengikuti program pelatihan dan mentoring. 1000 wirausaha perempuan yang memenuhi lolos tahapan verifikasi dan wawancara akan melengkapi data kelompok untuk mengikuti program pelatihan yang diberikan oleh praktisi entrepreneur, akademisi dan para ahli di bidangnya. Setelah proses pelatihan, kelompok akan memperoleh mentoring dan evaluasi selama 1 bulan. Untuk 10 kelompok dengan perkembangan terbaik akan memperoleh bantuan permodalan Rp10.000.000,00/ kelompok. Pada akhir program, akan dilakukan pasar festival atau pameran produk secara daring. Anggota kelompok dan kelompok yang mempunyai perkembangan bagus akan direkomendasikan kepada Program Kemitraan (SMEPP) PT. Pertamina (Persero).

Q: Siapa pelatih dan mentor PFpreneur?
A: Pelatih dan mentor terdiri dari berbagai unsur, yaitu akademisi, praktisi, ekspert, pelaku usaha sukses, dan selebgram.